Rabu, 20 Februari 2013

CARA CEPAT MEMBUAT SOFTWARE PORTABLE

Cara Membuat Software Portable Tercepat Ini merupakan cara yang pertama. Pada contoh di bawah ini, saya akan membuat versi portable dari Photoscape Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka C\Program file\Photoscape
2. Blok semua file, gunakan tombol Ctrl + A

cara membuat software portable

3. klik kanan pada area block, pilih Add to archive...
4. Muncul jendela Archive winrar. Lihat gambar di bawah
- pada tab General centang Create SFX archive
- pindah ke tab Advanced, klik SFX options
cara membuat software portable

5. Muncul jendela baru SFX options. Lihat gambar di bawah
- pada tab General, ketikan Photoscape.exe pada Run after exrtaction
- pindah ke tab Modes, centang Unpack to temporary folder dan pada Silent mode, pilih Hide all lalu klik tombol OK. Tunggu hingga proses selesai.
cara membuat software portable

6. Sampai disini proses pembuatan photoscape portable telah selesai, selanjutnya kita tinggal mencarinya di folder yang sama saat kita membuat photoscape portable yaitu di C\Program file\Photoscape.

cara membuat software portable

Bagaimana kawan, mudah sekali bukan? Saya yakin jika kita mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar pasti berhasil. Sekarang tinggal mencobanya langsung. Caranya dengan terlebih dahulu meng-uninstall software yang kita buat jadi portable. Uninstall pake Revo Uninstaller dengan mode advanced agar tidak meninggalkan jejak di sistem registry (ini tidak harus juga tidak mengapa. Hanya menjaga kebersihan sistem saja). Saat kawan menjalankan software portable yang dibuat dengan Winrar, waktu kita close tuh software maka akan muncul peringatan pada windows seperti screenshot di bawah ini:


Peringatan di atas tidak akan menyebabkan masalah pada komputer kita. Tinggal klik saja This progran installed correctly.

Nah, software portable di atas kan telah berhasil kita buat, tapi masih ada yang kurang yaitu icon pada software tersebut adalah gambar winrar yang berada pada box. Untuk mengubah icon tersebut akan saya jelaskan pada postingan berikutnya. Demikian artikel tentang cara membuat software portable. Semoga bisa bermanfaat. Terimaksih...

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar